Rahmat Islam Untuk Rahmat Purnomo 1 (Kisah Muallaf)

Al Ustadz Abu Hamzah Al Atsary

Ia adalah seorang laki-laki keturunan sang ayah Holandia dan ibu Indonesia dari kota Ambon yang terletak di pulau kecil di ujung timur kepulauan Indonesia. Kristen adalah agama yang diwariskan keluarganya dari bapak dan kakeknya.Kakeknya adalah seorang yang punya kedudukan tinggi pada agama kristen yang bermadzhab protestan, bapaknya juga demikian namun ia bermadzhab panticosta. Sedangkan ibunya sebagai pengajar injil untuk kaum wanita, adapun dia sendiri juga punya kedudukan dan sebagai ketua bidang da'wah di sebuah gereja "Bethel Injil Sabino".

Tidak terbetik dalam hatiku walau sedikitpun untuk menjadi seorang muslim, sebab sejak kecil aku mendapatkan pelajaran dari orang tuaku yang selalu mengatakan padaku bahwa Muhammad adalah seorang laki-laki badui, tidak punya ilmu, tak dapat membaca dan menulis. Bahkan lebih dari itu aku telah membaca buku profesor doktor Ricolady seorang nasrani dari Prancis bahwa Muhammad itu seorang dajjal yang tinggal di tempat ke sembilan dari neraka. Demikianlah kedustaan itu dibuat untuk menjatuhkan pribadi Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam, sejak itulah tertanam pada diriku pemikiran salah yang mendorongku untuk menolak Islam dan menjadikannya sebagai agama.

Pada suatu hari pimpinan gereja mengutusku untuk berda'wah selama tiga hari tiga malam di kecamatan Dairi, letaknya cukup jauh dari ibu kota Medan yang terletak di sebelah selatan pulau Sumatra Indonesia. Setelah selesai, aku hendak menemui penanggung jawab gereja di tempat itu. Tiba-tiba seorang laki-laki muncul di hadapanku lalu bertanya dengan pertanyaan aneh,

"Engkau telah mengatakan bahwa Isa Al Masih adalah tuhan, mana dalilmu tentang ketuhanannya?"

Aku menjawab, "Baik ada dalil ataupun tidak, perkara ini tidak penting bagimu, jika kamu mau beriman berimanlah, jika tidak kufurlah."

Namun ketika aku pulang ke rumah, suara laki-laki itu mengganggu pikiranku dan selalu terngiang-ngiang di telingaku, mendorongku untuk melihat kitab Injil mencari jawaban yang benar dari pertanyaannya. Telah diketahui bahwa di sana ada empat kitab Injil yang berbeda-beda, salah satunya MATHIUS, yang lainnya MARKUS, yang ketiga LUKAS, dan yang keempat YOHANNES, semuanya buatan manusia. Ini aneh sekali, aku bertanya-tanya pada diriku, "Apakah Al Qur'an dengan nuskhoh yang berbeda-beda juga buatan manusia?" Aku mendapatkan jawaban yang tak bisa lari darinya yakni dengan pasti, "Bukan!"

Aku mempelajari keempat Injil tersebut, lalu apa yang kudapatkan? Injil MATHIUS berbicara apa tentang Al Masih Isa 'alaihis salam? Kami membaca di dalamnya sebagai berikut, "Sesungguhnya Isa Al Masih bernasab kepada Ibrohim dan kepada Daud..." (1-1), lalu kalau begitu siapa Isa? Bukankah ia anak manusia? Ya, kalau begitu dia manusia. Injil LUKAS berkata, "Dialah yang merajai atas rumah Ya'kub untuk selama-lamanya. Kerajaannya tidak akan berakhir." (1-33). Dan Injil MARKUS berkata, "Inilah silsilah yang menasabkan Isa Al Masih anak Allah." (1) Dan yang terakhir injil YOHANNES berbicara apa tentang Isa Al Masih? Ia berkata, "Pada awalnya ia adalah kalimat, dan kalimat itu di sisi Allah, maka kalimat itu adalah Allah." (1:1). Makna dari nash ini dia pada awalnya adalah Al Masih dan Al Masih di sisi Allah, maka Al Masih adalah Allah.Aku bertanya pada diriku, "Berarti di sana ada perbedaan yang jelas pada empat kitab ini seputar dzat Isa 'alaihis salam, apakah ia manusia ataukah anak Allah ataukah Raja ataukah Allah? Hal itu telah menyulitkanku dan aku belum menemukan jawabannya. Di sini aku ingin bertanya kepada teman-temanku orang-orang kristen, "Apakah didapatkan dalam Al Qur'an pertentangan antara satu ayat dengan yang lainnya?" Pasti tidak! Kenapa? Karena Al Qur'an datang dari sisi Allah subhanahu wa ta'ala, adapun Injil-injil ini hanyalah buatan manusia.

Kalian tahu dan tidak ragu kalau Isa 'alaihis salam sepanjang hidupnya berdakwah kepada Allah di sana-sini, kita patut bertanya: apa landasan awal yang dida'wahkan oleh Isa 'alaihis salam?Ini injil MARKUS berkata, "Seseorang datang dari Al Katbah, ia mendengar mereka berbincang-bincang, ketika terlihat bahwa ia adalah (Al Masih) mereka menerimanya dengan baik, menanyainya tentang ayat wasiat pertama? Ia menjawab sambil berjalan: Sesungguhnya wasiat yang pertama ialah 'Dengarkan wahai Bani Isroil! Robb Tuhan kita adalah Robb yang Esa.'" (12: 28-29). Inilah pengakuan yang jelas dari Isa 'alaihis salam, jadi kalau Isa telah mengaku bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa / Satu, maka siapakah Isa kalau begitu? Jika Isa adalah Allah juga, maka takkan pernah ada keesaan bagi Allah. Bukankah begitu?

Kemudian aku lanjutkan pencarianku, dan aku temukan pada injil YOHANNES nash-nash yang menunjukkan do'a dan ketundukan Isa Al Masih 'alaihis salam kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Aku bertanya pada diriku: Jika sekiranya Isa adalah Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, lalu apakah ia membutuhkan kepada ketundukan dan do'a? Tentu tidak! Oleh karena itu, Isa bukan tuhan tetapi dia adalah makhluk seperti kita. Simaklah bersamaku do'a yang terdapat dalam injil YOHANNES, inilah nash do'anya: "Inilah kehidupan yang abadi agar mengetahui bahwa Engkaulah Tuhan yang haqiqi, dan berjalanlah Al Masih yang Engkau telah mengutusnya, aku pekerjamu di bumi, amal yang Engkau telah berikan padaku ialah amalan yang aku telah menyempurnakannya." (17-3-4). Ini do'a yang panjang, yang akhirnya berkata, "Wahai Rabbul Baar, sesungguhnya alam tidak mengenalMu, adapun aku mengenalMu dan mereka telah mengetahui bahwa Engkau telah mengutusku dan Engkau telah mengenalkan mereka akan namaMu dan aku akan mengenalkan mereka agar pada mereka ada kecintaan seperti Engkau telah mencintaiku." (17-25-26).Do'a ini menggambarkan pengakuan Isa 'alaihis salam bahwa Allah Dialah Yang Maha Esa dan Isa adalah utusan Allah yang diutus pada kaum tertentu, bukan pada seluruh manusia, siapakah kaumnya itu? Kita baca dalam injil MATHIUS (15:24) di mana ia berkata, "Aku tidak diutus melainkan pada kaum di rumah Isro'il yang sasar." Kalau demikian, jika kita gabungkan pengakuan-pengakuannya ini dengan yang lainnya, sangat mungkin untuk kita katakan bahwa, "Allah adalah Tuhan Yang Esa dan Isa adalah utusan Allah kepada Bani Isroil."

Kemudian kulanjutkan pencarianku, maka aku teringat saat aku sholat aku selalu membaca kalimat berikut: (Allah Bapak, Allah Anak, Allah Roh Qudus, tiga dalam satu). Aku berkata pada diriku: Perkara yang sangat aneh! Kalau kita bertanya pada siswa kelas satu sekolah dasar "1 + 1 + 1 = 3 ?" Pasti akan menjawab ya. Kemudian jika kita katakan padanya "Akan tetapi 3 juga = 1 ?" Tentu dia takkan menyepakati hal itu, sebab di sana terdapat pertentangan yang jelas pada apa yang kami ucapkan, karena Isa 'alaihis salam berkata dalam injil seperti yang kami lihat, bahwa Allah Esa tidak ada serikat baginya.Telah terjadi pertentangan kuat antara aqidah yang menancap di jiwaku sejak kecil yakni: tiga dalam satu, dengan apa yang diakui Isa Al Masih sendiri dalam kitab-kitab injil yang ada di tengah-tengah kita sekarang bahwa sesungguhnya Allah itu satu tidak ada serikat baginya. Mana dari keduanya yang paling benar? Belum ada usahaku untuk mengikrarkannya waktu itu, namun yang benar dikatakan bahwa sesungguhnya Allah itu Esa / satu. Kemudian aku cari lagi dari kitab injil dari awal, barangkali aku temukan apa yang kuinginkan. Sungguh telah kutemukan dalam pencarianku nash berikut ini: "Ingatlah wali-wali sejak dulu, karena sesungguhnya Aku adalah Allah, sedang yang lainnya bukan tuhan dan tak ada yang menyerupaiku." (46: 9). Sungguh perkara yang menakjubkan saat aku berpegang teguh dengan Islam, aku mendapatkan dalam surat Al Ikhlash firman Allah Ta'ala, "Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Katakanlah Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung padaNya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia." Ya, selama kalam itu adalah kalam Allah, maka tidak akan berbeda di manapun didapatkannya.

Inilah pelajaran pertama pada agamaku masihiyyah yang dulu, dengan demikian "tiga dalam satu" tidak ada keberadaannya dalam jiwaku.Adapun pelajaran kedua dalam agama masihiyyah bahwa di sana ada yang disebut dengan warisan dosa atau kesalahan awal, maksudnya ialah bahwa dosa yang diperbuat Adam 'alaihis salam ketika memakan buah yang diharamkan dari pohon yang berada di surga, pasti seluruh anak manusia akan mewarisi dosa ini. Sekalipun janin yang berada dalam rahim ibu akan menanggung dosa ini dan akan lahir dalam keadaan berdosa. Apakah ini benar atau salah? Aku cari tentang kebenaran hal tersebut. Aku merujuk pada Perjanjian Lama, di tengah pencarianku aku menemukan pada hizqiyal sebagai berikut, "Seorang anak tidak menanggung dari dosa seorang bapak. Seorang bapak tidak menanggung dari dosa seorang anak ..." (hizqiyal: 18: 20-21).Barangkali yang cocok untuk kami sebutkan di sini apa yang dikatakan Al Qur'anul Karim pada masalah ini, "Dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain ..." Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Anak Adam dilahirkan dalam keadaan fitroh, kedua orang tuanyalah yang akan menjadikannya Yahudi atau menjadikannya Nashrani atau menjadikannya Majusi." Inilah dia kaidah dalam Islam dan menyepakatinya apa yang ada / datang dalam injil, lalu bagaimana bisa dikatakan bahwa kesalahan Adam akan berpindah dari satu generasi ke generasi lainnya, dan bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan berdosa?

BersambungWalhamdulillahi robbil alamin.
Ditulis oleh Al Ustadz Abu Hamzah Al Atsari.
(Diringkas dari kitab 'Uluwul Himmah).

diambil dari Buletin Al Wara' Wal Bara'
Edisi ke-11 Tahun ke-1 / 28 Februari 2003 M / 26 Dzul Hijjah 1423 H


Baca juga yang ini....

No comments:

Post a Comment

JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR..
DAN JANGAN KIRIM SPAM..!!!!